April 20, 2014

Serangan Pasukan Iblis


             
              Assalamualaikum Warohmatullah

              Perkataan iblis yang tercantum dalam Al Quran

قَالَ فَبِمَآ أَغْوَيْتَنِى لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَٰطَكَ ٱلْمُسْتَقِيمَ ﴿١٦ ثُمَّ لَـَٔاتِيَنَّهُم مِّنۢ بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَـٰنِهِمْ وَعَن شَمَآئِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَـٰكِرِينَ ﴿١

             (Iblis)berkata,” Karena engkau telah menghukumku tersesat, maka aku benar-benar akan ( menghalang-halangi ) mereka dari jalan Engkau yang lurus. Kemudian aku akan mendatangi mereka dari depan dan dari belakang, dari kanan, dan dari kiri mereka . Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur”
Qs Al -A’Raf [7]:16-17





            Sebagaimana ayat di atas , iblis datang mengepung manusia dari empat arah, yaitu dari depan, belakang , dari kanan kita , dan dari kiri kita. Dapat diartikan bahwa iblis menyerang dua sisi yang berhubungan dengan dunia dan akhirat ,sedangkan dua sisi yang lainnya daei sisi kebaikan dan keburukan .

            Yang dimaksud dari sisi dunia adalah menggoda dalam segala aspek duniawi manusia, mengajak untuk terlalu mencintai dunia yang pasti akan menjadikan manusia lupa akan tujuan kita sebenarnya, yaitu akhirat . Bahwa sesungguhnya manusia adalah makhluk surga sebagaimana kakek moyang kita Adam As , yang “jalan-jalan” ke dunia.
            Yang dimaksud dari sisi akhirat adalah mengelabui urusan akhirat seseorang,baik yang ada kaitannya dengan prinsip, kepercayaan ( akidah ), memperlihatkan keburukan yang terlihat seakan akan baik ( kebatilan ), menanamkan keujuban ( bangga diri ) dalam hati, riya’ ( pamer kebaikan ) , dan lain sebagainya . Hal ini juga mencakup perkara ibadah praktis , seperti membuat manusia waswas atau mempersulit hukum syariat, dan lain sebagainya.
            Begitu pula dengan dua sisi yang lain yaitu kebaikan dan keburukan pun tak berbeda jauh . Seperti memutar balikkan keduanya di mata manusia, yang buruk seolah olah baik , malah yang baik seolah-olah buruk . Seperti pula membuat diri seseorang merasa aman karena merasa apa yang dilakukannya di dunia telah terasa cukup untuk bekal di akhirat .
Akibat lebih buruknya adalah kalau sampai iblis memperindah dunia, membuat manusia takut tidak punya,dan merasuk dalam pikiran manusia dengann mengatakan tidak ada surga atau pun neraka, tidak ada hari kebangkitan ( hari hisab ),tidak ada pahala ataupun dosa . Seperti ungkapan “life is too short, so just do whatever you want........... “,  naudzubillah.


Itulah serangan iblis dan setan kepada manusia . Setelah kita mengetahuinya ,kita tidak perlu pesimistis karena iblis sebenarnya punya kelemahan yang sangat sederhana , yaitu dia tidak memiliki Allah, sedangkan kita memiliki Allah SWT yang akan selalu memeberikan rahmat kepada kita . InsyaAllah saya jabarkan di sini

Semoga kita dilindungin Allah dari segala tipu daya syetan baik dari golongan jin maupun manusia . Dan semoga sedikit posting ini yang alhamdulillah biidznillah ditulis di sni, dapat memperkaya wawasan kita.

Wassalamualaikum warohmatullah


1 komentar: