April 18, 2014

Permohonan Iblis yang Terkabul


Assalamualaikum Waromatullah

Sebuah pertanyaan mungkin juga terbersit dalam benak kita, mengapa Allah mengabulkan permohonan iblis supaya dipanjangkan hidupnya hingga hari akhir?









Sebagaimana dalam Al Quran , setelah ia diusir dan dikutuk
  قَالَ رَبِّ فَأَنظِرْنِىٓ إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ ﴿٣٦ قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ ٱلْمُنظَرِينَ ﴿٣٧
Ya Tuhanku, ( kalau begitu ) beri tangguhlah kepadaku sampai Hari Kebangkitan” . Allah berfirman “ (Baiklah ) maka sesungguhnya kamu termasuk yang diberi penangguhan
Qs Al Hijr [15] : 36-37



            Iman Ja’far Al-Shadiq berkata “sesungguhnya iblis telah menyembah Allah di langit ke empat dengan dua rekaat sholat selama enam ribu tahun. Jadi ,tangguhan sampai waktu tertentu yang diterima dari Allah adalah karena ibadahnya yang terdahulu itu.”

            Ali Ibn Ibrahim meriwayatkan bahwa pada saat itu iblis berkata
“Wahai Tuhanku ! Bebaskan aku dari keharusan sujud kepada Adam, maka aku akan menyembah-Mu sedemikian rupa sehingga mengalahkan ibadah para malaikat dan para utusan-Mu” 
            Allah SWT kemudian berkata pada iblis “Aku tidak butuh ibadahmu . Aku ingin disembah seperti yang Aku inginkan ,bukan seperti yang engkau inginkan “
            Iblis tetap menolak untuk sujud ,Allah lalu berkata “ Enyahlah! Karena engkau terkutuk”.
            Iblis lalu berargumen pada Allah, “mengapa begitu wahai Tuhan, padahal Engkau Maha Adil, tak pernah menekan atau menindas ? Apakah itu berarti Engkau tak akan memberiku pahala atas segala kebajikan yang telah aku laksanakan? “
            Allah SWT menjawab ”Tidak, tidak akan pernah, tetapi mintalah sesuatu kepada-Ku apa saja dari urusan kehidupan duniawi yang engkau inginkan sebagai balasan perbuatan baikmu, maka akan Aku kabulkan”
            Barulah kemudian Iblis meminta supaya umurnya diperpanjang  dan supaya diberi kemampuan untuk bisa dekat dengan Bani Adam ( manusia ) seperti jalannya darah di tubuh mereka . Kemudian Allah SWT mengabulkan permohonannya .


            Semoga dengan tulisan ini dapat memperkaya wawasan kita , dan mari kita bersama-sama memohon pada Allah agar dilindungi dari sifat iblis yang menyebabkan ia terkutuk , walakhaulawalaquwwata illa billah .


            Wassalamualaikum warohmatullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar