April 18, 2014

Kisah Iblis Sebelum Durhaka


Assalamualaikum warohmatullah


Mungkin saja terbersit dalam benak kita, kenapa ibis bisa bercampur baur dengan malaikat ? Padahal toh kedua makhluk ciptaan Allah tersebut memiliki sifat dan karakter yang berbeda ?









Dalam suatu riwayat dikatakan , bahwa sejak tujuh ribu taun sebelum manusia diciptakan ,di bumi ini ada dua rumpun makhluk ,yaitu jin dan nisnas .
Ketika Allah hendak menciptakan makhluk baru, Allah menyingkap tabir langit dan berfirman kepada para malaikat, “lihatlah para penghuni bumi dan kalangan makhluk-Ku ; lihatlah jin dan nisnas”.
            Ketika menyaksikan kerusakan di bumi akibat ulah jin dan nisnas, para malaikat menganggap mereka tak ubah lakyaknya monster . Para malaikat lalu berkata kepada Allah, “wahai Rabb kami, Engkau Maha Mulia lagi Maha Kuasa, mereka adalah makhluk lemah, dan keberadaan mereka berlangsung hanya karena rizki dari-Mu, dan Engkau tidak menghukum mereka “.
            Kemudian Allah berfirman “ Aku akan menciptakan makhluk yang menggantikan mereka di muka bumi , dan Aku akan menampilkan dari keturunanya para nabi dan hamba yang sholeh maupun para imam yang lurus yang akan Aku tunjuk sebagai penerus muka bumi . Akan Ku bersihkan bumi-Ku dan akan Aku buang kaum tiran dari golongan jin yang durhaka, sedangkan yang lainnya ( jin lainnya ) Kuizinkan mereka tinggal di udara dan di seluruh muka bumi . Akan Aku ciptakan suatu tabir yang memisahkan jin dari ciptaan-Ku “

            Diriwayatkan pula oleh Ibn bin Abbas yang dapat memberikan beberapa gambaran lebih apa yang dikerjakan iblis sebelum ia membangkang.
            Yang terdahulu menghuni bumi adalah jin . Mereka menebarkan kerusakan di bumi dan saling membunuh . Kemudian Allah mengutus iblis disertai dengan pasukan malaikat untuk membinasakan mereka. Iblis dan para malaikat berhasil menjalankan perintahNya . Para jin berhasil dibuang ke pulau-pulau di tengah lautan dan ke gunung-gunung .
            Kesuksesan ini membuat iblis menjadi bangga diri dan angkuh . Iblis berkata “ aku telah berhasil mengerjakan sesuatu yang belum pernah berhasil dilakukan oleh siapapun “. Allah dengan sifat-Nya tentu saja telah mengetahui apa yang ada di benak iblis, akan tetapi para malaikat tidak menyadarinya.
           


Sebuah riwayatkan dari nabi kita Rosullullah Muhammad SAW , yang saat itu beliau menjawab pertanyaan dari Abdullah ibn Salam tentang bagaimana Allah menciptakan adam.
Rosul bersabda, kepala dan dahi Adam diciptakan dari tanah Ka’bah, dada dan punggungnya dari tanah Jerusalem, pahanya dari tanah Yaman, kakinya dari tanah Mesir dan tanah Hijaz , tangan kanannya dari timur bumi, dan tangan kirinya dari barat bumi . Kemudian Allah menempatkan di pintu gerbang surga . Kapanpun sekelompok malaikat melewatinya, mereka terkagum dan terpesona melihat keindahan  bentuk dan postur tubuhnya . Para malaikat itu belum pernah  melihat susuatu yang  seperti itu atau bahkan sesuatu yang mendekati keindahannya .
Ketika iblis lewat dan melihatnya , dia bertanya  “apa tujuanmu diciptakan ?”
,lalu iblis pun memukulnya . Kemudian iblis berkata kepada para malaikat, “ini adalah satu makhluk berlubang yang tak bisa berdiri, juga tak dapat mempertahankan keutuhannya” .
Ibis pun lalu bertanya pada malaikat “andai saja sesuatu ini lebih dimuliakan ketimbang kalian, apa yang kalian lakukan ?” . Para malaikat berkata “Kami akan menaati perintah Tuhan kami  “ . 
Iblis kemudian berujar “ Demi Allah ! Jika sesuatu ini lebih dimuliakan daripada aku, aku akan menggugat dan menentangnya. Namun kalau aku lebih dimuliakan daripadanya, aku akan membinasakannya .


Dari beberapa riwayat dapat kita simpulkan bahwa dahulunya iblis berbaur dengan malaikat ,dan sebelum membangkang saling bahu membahu bersama malaikat .
Semoga kita dilindungi dari sifat iblis yang menyebabkan dia terkutuk, walakhaulawalaquwwata illa billah .



Wassalamualaikum warohmatullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar