April 15, 2014

Sebutan lain iblis


Assalamualaikum warahmatullah
Iblis mempunyai banyak sebutan diantara umat manusia, yang insyaallah dapat beberapa saya sampaikan, antara lain









1.   Demon

 kata Yunani yang mempunyai arti ruh jahat yang mungkin diartikan jin jahat . Kata “demon” tidak berarti khusus untuk iblis .



2.   Devil

Kata ini bisa diartikan pada satu sosok iblis saja, tetapi masih sering digunakan pada setan atau semacamnya. Kata ini diambil dari bahasa Yunani yaitu diabolos, yang kadang diartikan sebagai manusia yang melakukan perbuatan jahat.
Kata ini mempunyai makna plural yaitu devils , yang artinya menjadi mirip dengan kata syaithan.



3.   Setan / Satan / Syaithan

Kata ini bermakna durhaka atau perbuatan jahat . Kata ini menunjukan pengertian yang lebih luas, dan lebih merujuk kepada kata sifat, bukan kepada suatu sosok .
Insyaallah dapat saya contohkan ,seperti dalam surat Al-Qasash [28]ayat 15, ketika nabi Musa As memukul seorang musuh dengan satu pukulan yang mematikan, beliau lalu menyesal dan berkata “inilah perbuatan setan” . Beliau menyesal karena memukul orang tersebut sampai mati, dan beliau menganggap perbuatan itu adalah perbuatan jahat yang biasa dilakukan orang orang zhalim.
Pembahasan selanjutnya tentang makna kata ini insyaallah saya jabarkan dalam rubrik yang berbeda di sini



4.   Omen

Kata ini mempunyai arti yang berbeda , yang artinya kejadian  duniawi yang bernuansa gaib dan dikonotasikan sebagai pertanda yang buruk . Belum diketahui pasti asal muasal kata ini ,tetapi kemungkinan dari bahasa Latin.


5.   Lucifer

Kata ini berasal dari dunia barat, dan sebenarnya kata ini cukup ambigu jika diakaitkan dengan sosok iblis itu sendiri. Kata lucifer ini sendiri artinya ialah bintang fajar dari timur, atau bisa juga diartikan sang pembawa cahaya .
Dalam bible yang dimaksudkan cahaya bintang fajar dari timur tanpa menggunakan kata lucifer adalah Yesus , seperti dalam 2 peter 1 : 19 yang berbunyi “dengan demikian kami makin diteguhkan pleh firman yang telah disampaikan oleh  para nabi. Alangkah baiknya kalau kamu memperhatikan pelita yang bercahaya di tempat yang gelap sampai fajar menyingsing dan bintang timur terbit bersinar di dalam hatimu
Selanjutnya insyaallah saya jabarkan lebih lanjut

6.   Baphomet

Baphomet merupakan suatu sosok seperti pada gambar yang oleh pemujanya, baphomet dianggap sebagai lambang iblis dan wujud puncak hasil proses ilmu kimia yang mempertarungkan kesatuan antara energi demi melahirkan cahaya astral sebagai dasar efektif ilmu sihir yang menghasilkan “pencerahan”.
Sampai sekarang pun baphomet masih menjadi berhala tempat pemujaan setan . Sampai sekarang pun dengan restu iblis simbol baphomet tertera di dalam beberapa produk atau logo perusahaan yang dimiliki para pemujanya, tetapi sekedar simbol bintang lima dalam lingkaran yang dua ujungnya di atas , atau biasanya simbol tengkorak yang bertanduk dalam lingkaran

7.   Azazel

Riwayat mengatakan bahwa sebelum membangkang, iblis dahulunya bernama     azazel . Dia adalah makhluk yang paling bersungguh sungguh dalam beribadah, dan paling memiliki ilmu pengetahuan . Akan tetapi ketika membangkang terhadap Allah SWT , dia pun terkutuk menjadi setan yang dinamakan “ iblis ” dan tergolong dalam golongan kafir dalam ilmu Allah.
Azazel diberi nama Iblis karena dia ablasa ( putus asa ) dari rahmat Allah . Semua riwayat ini sesuai dengan riwayat Al-Ridha r.a .

8.   Alharitz

Dalam riwayat lain dikatakan bahwa iblis mulanya bernama Alharitz, yang kemudian Allah memanggilnya “Ya Iblis” ( wahai pembangkang ), saat dia enggan untuk bersujud kepada nabi Adam As.


9.   Al-iblas

Dinyatakan juga namanya demikian ,yang mempunyai makna kesedihan yang luar biasa yang diakibatkan keputus asaan yang teramat sangat . Al-Iblas juga disebut dalam Al-Quran ketika berbicara tentang kondisi yang dialami para pendosa saat datangnya hari kiamat ,yaitu dalam surat Ar-Rum ....
وَيَوْمَ تَقُومُ ٱلسَّاعَةُ يُبْلِسُ ٱلْمُجْرِمُونَ ﴿١٢
Dan pada hari terjadinya kiamat, orang-orang yang berdosa terdiam berputus asa [ Qs Ar-Rum ( 30 ) ayat 12 ]



10.  Abu Murrah

Julukan ini adalah sesuai dengan sabda Rosullullah Muhammad SAW, sebagaimana dalam suatu riwayat beliau menjelaskan
“......namanya adalah Alharitz, panggilannya adalah Abu Murrah dan sesungguhnya Allah menamakannya Iblis karena dia terputus dari segala kebaikan sejak hari tidak mau sujud kepada Adam .“




Masih banyak penamaan iblis ,dan masih banyak riwayat yang nampak berlainan . Dari ke 10 penamaan yang alhamdulillah biidznillah saya jabarkan dapat ditarik kesimpulan bahwa semuanya berkaitan dengan perasaan berputus asa, kesedihan, dendam, kejahatan dan rasa dengki yang selalu menyelimuti . Oleh karena itulah dia selalu ingin mengajak dan menjerumuskan manusia supaya senasib dengannya.
    Semoga kita termasuk golongan yang dilindungi Allah dari sifat iblis yang menyebabkannnya terkutuk , walakhaulawalaquwwata illa billah . Dan semoga dengan tulisan ini menambah wawasan kita semua .



Wassalamualaikum warahmatullah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar